31 Des 2017

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Android

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Android — Android kini merupakan ponsel genggam paling banyak digunakan dibelahan dunia, kemunculan Android juga disebut-sebut sebagai awal sebutan smartphone yang sekarang banyak bermunculan. Dengan menggunakan Android Anda dapat menyimpan dan membuka dokumen, musik, video, internet dalam genggaman Anda. Selain dapat dinikmati dengan harga murah, Android memiliki banyak fitur dan OS menarik yang selalu update.

Namun sistem Android mempunyai kapasitas yang tinggi, rata-rata kapasitas sistem OS Android biasanya 2GB tentu itu akan memakan sebagian kapasitas penyimpanan internal Anda.

Sebagai pengguna aktif Android, pernahkah Anda mendapati notifikasi berupa "Ruang Penyimpanan Hampir Habis" atau "Storage Space Running Out" ketika menginstall sebuah aplikasi atau mengunduh data dari internet pada Android Anda?

Hal itu tentu akan mengganggu Anda ketika akan menyimpan data atau menginstall aplikasi di Android Anda, apalagi notifikasi tersebut tidak akan hilang apabila Anda tidak mengambil tindakan apa-apa.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Android

Untuk itu, kali ini saya akan membagikan cara mengatasi storage space running out atau ruang penyimpanan hampir habis di Android. Ada beberapa cara untuk mengatasinya, yaitu dengan menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi, dan cara ini tidak perlu memerlukan akses root pada ponsel Anda.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Android.


#1. Menghapus chache secara manual.
Menghapus chache secara manual mampu memperbanyak kapasitas penyimpanan Anda, namun apa itu chache? chache sendiri ialah file sementara, misalnya bila Anda sebelumnya telah membuka situs teknorizen.com, dan sekarang Anda membuka lagi situs ini, maka kecepatan membuka situs ini akan lebih cepat dari sebelumnya.

Untuk menghapus chache secara manual, berikut adalah caranya.
  1. Masuk menu Setting (Pengaturan) di Android Anda, lalu pilih Apps (Aplikasi)
  2. Kemudian pilih Aplikasi yang sering Anda pakai, misalnya aplikasi Instagram atau Facebook.
  3. Setelah itu pilih "Clear Data" (Hapus Data)
  4. Lalu akan muncul notifikasi "Delete Apps Data?".
  5. Terakhir pilih "OK"
.. Hapuslah chache secara rutin agar ruang penyimpanan tetap bersih.

#2. Menggunakan aplikasi cleaner.
Melakukan secara manual sedikit merepotkan, karena kita harus menghapus data chache secara satu-persatu, namun dengan menggunakan aplikasi Anda hanya perlu menekan 1 tombol saja untuk menghapus semua chache.

Berikut adalah cara menghapus chache di Android.
  1. Download dan install aplikasi CCleaner di Play Store (download disini)
  2. Buka aplikasi CCleaner, selanjutnya pilih Analyze.
  3. Terakhir, pilih Clean untuk membersihkan.
Apabila Anda memiliki Android dengan OS Lolipop, Anda tidak perlu mendownload aplikasi cleaner, karena pada OS tersebut telah ada fitur untuk menghapus semua chache pada aplikasi Smart Manager.

#3. Menghapus data dan aplikasi tidak penting yang ada di Internal.
Bila kedua cara diatas telah dilakukan namun tetap saja ruang penyimpanan Anda penuh, ada baiknya untuk menghapus semua data yang dirasa tidak penting pada File Manajer Anda.

Begitu pula dengan aplikasi, aplikasi dapat memakan banyak ruang pada Android Anda, jadi saya sarankan agar menghapus beberapa aplikasi Android yang jarang digunakan, bahkan menghapus aplikasi bawaan.

Baca Juga: Cara Jitu Menghapus Aplikasi Bawaan di Android

#4. Memindahkan data ke memori eksternal/SD card.
Pada umumnya, munculnya notifikasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis atau Storage Space Running Out dikarenakan ruang penyimpanan pada memori internal penuh, maka dari itu saya sarankan agar Anda memindahkan data-data yang berada di internal ke eksternal.

Begitulah 4 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Android paling ampuh, saya yakin, setelah Anda melakukan cara diatas, maka notifikasi storage space running out akan menghilang.

Label: ,

1 Komentar:

Pada 1 Januari 2019 pukul 05.35 , Blogger Unknown mengatakan...

Iya,tapi saya udh melakukan mengapus semua media,dan udh melakukan cara itu tapi tetep sepeti itu knp??

 

Posting Komentar

Centang Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi balasan dari kami.

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda