10 Des 2016

Cara Menurunkan CPU Usage yang Tinggi

Cara Menurunkan CPU Usage yang Tinggi

CPU Usage adalah gragik yang menunjukkan prosesor sedang dalam keadaan bekerja. Ditampilkan dalam persen. Jadi, counter ini adalah indikator dari kegiatan prosesor pada saat ini. Jika prosesor kita sedang bekerja, biasanya selalu menampilkan kinjerja CPU dari 1 hingga 100%.

Selain itu CPU Usage juga dapat mempengaruhi kinerja pada komputer. Semakin tinggi CPU Usage maka semakin berat juga kinerja PC kamu. Jangan heran apabila kinerja PC kamu menjadi sering lag/patah-patah apabila CPU usage kamu lebih dari 50%.

Oke, kembali pada judul yaitu Cara Menurunkan CPU Usage yang tidak normal. Sedikit pengalaman dari saya yang mungkin sama halnya dengan yang kamu alami saat ini.

Entah mengapa, setelah saya install ulang PC saya dari OS Windows 7 Proffesional menjadi Windows 7 Ultimate, PC saya mengalami kendala dengan CPU Usage saya yang tiba-tiba melonjak hingga 50-100% bahkan itu ketika saya tidak membuka software apapun di PC saya. Saya mencoba bermain game point blank, akan tetapi patah-patah dan tidak seperti sebelum saya melakukan install ulang.

Lalu sayapun mencoba untuk memeriksa CPU saya dengan membongkar case karena barangkali ada masalah dengan kipas CPU, namun tidak ada apapun. Akhirnya saya menemukan salah satu trik digoogle yang sangat ampuh untuk menurunkan CPU Usage yang tiba-tiba menjadi sangat besar hingga 100% dan saya berhasil menurunkannya hingga normal kembali (1-50%)

Cara Menurunkan CPU Usage yang Tidak Normal

1. Buka task manager dengan cara klik kanan di taskbar lalu klik start task manager > lalu klik proccesses.


2. Klik "show proccesses from all users"


3. Klik kanan pada program yang memakan memori yang sangat besar (disini memori yang memakan kinerja pada CPU saya svchost.exe) lalu klik "go to service (s)"


4. Coba stop service secara satu persatu pada program yang telah ditandai (marked) setelah anda klik "go to service"


Dan alhasil PC akan berjalan dengan lancar kembali. Trik ini mungkin berlaku untuk yang mengalami lonjakan pada CPU Usage yang secara tiba-tiba/install ulang. Dan apabila trik ini tidak dapat membantu agan, sebaiknya agan bawa PC agan ke rumah sakit komputer terdekat agan.

Inilah hasil Cara Mengatasi CPU Usage diatas Normal pada PC saya yang sebelumnya CPU sering mencapai 50-100% (tidak pernah turun dari 50%)


Sekian artikel kali ini. Semoga dapat membantu kamu.

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Centang Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi balasan dari kami.

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda