16 Jan 2019

4 Tips Supaya Baterai Android Tetap Hemat

4 Tips Supaya Baterai Android Tetap Hemat

Smartphone merupakan salah satu benda yang wajib di miliki semua orang. Terlebih lagi, di era modern seperti saat ini, smartphone menjadi salah satu barang terpenting yang selalu di bawa kemanapun kita pergi. Bukan hanya untuk berkomunikasi, kini smartphone menjadi alat untuk menghilangkan rasa jenuh, membaca berita, hingga menonton video – video yang tengah viral.



Namun, kebanyakan pengguna smartphone khususnya Android memiliki masalah yang sama yaitu batre yang cepat habis atau hingga kembung. Umumnya, hal ini dikarenakan pemakaian yang berlebihan hingga membuat umur baterai menjadi semakin pendek.

Smartphone merupakan benda yang penting dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, kita perlu merawatnya agar dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama. Berikut ini, adalah tips – tips untuk mencegah baterai smartphone kembung dan cepat habis.

1. Hindari Menggunakan Smartphone Secara Berlebihan

Tiap baterai smartphone memiliki umurnya masing – masing. Umumnya baterai Lithiom Ion yang banyak di gunakan oleh smartphone, memiliki umur hingga 500 kali Charging. Jika telah melewati batas tersebut, maka performa baterai akan semakin menurun hingga menjadi kembung. Maka semakin lama kalian menggunakan smartphopne, semakin banyak pula kalian men – Charge baterainya dan membuatnya semakin boros.

2. Jangan Menggunakan Smartphone Ketika Sedang Di Charge

Menggunakan smartphone ketika sedang di Charge merupakan salah satu kebiasaan buruk yang di lakukan oleh hampir semua pengguna smartphone. Meskipun telah banyak kasus baterai meledak akibat dari menggunakan smartphone ketika sedang di Charge, namun rasanya sangat sulit untuk tidak membuka smartphone meskipun hanya sebentar.

Menggunakan smartphone ketika sedang di Charge membuat aliran listrik pada baterai tidak maksimal. Sehingga baterai harus mengisi dan di gunakan secara bersamaan.

3. Tutup Aplikasi Ketika Smarthpone Panas

Salah satu penyebab smartphone panas adalah karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan. Sehingga membuat baterai harus bekerja ekstra. Jika di paksakan, hal ini juga dapat membuat performa baterai menjadi cepat menurun atau bahkan hingga meledak.

4. Segera Charge Ketika Baterai Lemah

Menggunakan smartphone ketika baterai lemah sebenarnya bukan pilihan yang baik. Hal ini dikarenakan membiarkan smartphone hingga baterainnya benar – benar kosong juga dapat membuat baterai  boros.

Ketika baterai smartphone kosong, akan membuat proses pengisian baterai menjadi lebih lama. Akibatnya, baterai smartphone akan semakin panas dan membuatnya cepat habis kembali.

Label: ,