8 Jan 2017

Cara Agar Android Support USB OTG Tanpa Root

USB OTG atau On The Go adalah kemampuan sebuah smartphone atau tablet untuk dapat membaca flash disk dan melakukan pertukaran file. Mungkin karena bisa dilakukan di perangkat mobile,makanya dinamakan On The Go.

USB OTG bisa membaca data dari perangkat penyimpanan eksternal seperti Flash Disk, bahkan bisa mendeteksi perangkat inputan yang umumnya digunakan pada komputer seperti mouse dan keyboard serta bisa bekerja secara nyata.

Android Support OTG No Root

Contohnya ketika mouse USB ditancapkan ke USB OTG, maka pada layar akan muncul pointer yang dapat digunakan untuk melakukan navigasi pada menu-menu layar smartphone android anda.

Bagaimana? Sangat canggih bukan? Akan tetapi sayangnya tak semua smartphone android bisa support USB OTG misalkan smartphone android yang termasuk jenis low end. Tetapi tenang, ada kok caranya agar USB OTG bisa support pada semua jenis android.

Mungkin kalian mengira hal tersebut bisa dilakukan dengan cara android anda harus melalui proses rooting. Tapi kali ini saya akan beberkan cara agar android anda support USB OTG tanpa root. Seperti yang di bawah ini:

1. Pertama-tama, anda harus menginstal aplikasi bernama "USB OTG Helper"di Play Store.
2. Jika sudah terinstal, selanjutnya anda pasang USB OTG yang sudah tersambung pada Flash Disk anda.
3. Lalu, anda buka Root Explorer. Carilah file bernama usbid_init.sh untuk dapat mengaktifkan OTG Mode. Directory file nya berada di root/system/bin/disini.
4. Klik file usbid_init.sh, pilih "execute" maka muncul pemberitahuan USB OTG Helper > klik ok > masuk ke aplikasinya > "mount" untuk menyambungkan koneksi, "unmount" untuk memutuskan koneksi.
5. Anda tinggal pilih "mount" pada status bar, maka android sudah tersambung ke Flash Disk > buka file manager maka muncul folder bernama "UsbOtgDrives".
6. Selesai, kini smartphone android anda telah bisa support USB OTG.
Note: Jika smartphone android anda setelah itu tak bisa di charge. Anda tinggal merestart terlebih dahulu smartphone android anda. Setelah itu akan normal kembali.
Perhatikan secara teliti tutorial diatas agar tidak terjadi kesalahan dan OTG tidak terhubung ke smartphone anda, apabila sedikit bingung dengan tutorial diatas, silahkan komentar dibawah.

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Centang Beri tahu saya untuk mendapatkan notifikasi balasan dari kami.

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda